Ngelawang Barong


Ngelawang Barong adalah salah satu tradisi bali yang dilakukan oleh anak anak muda di bali, ngelawang barong biasanya datang setiap 6 bulan sekali pada hari raya Galungan dan Kuningan. Tradisi ini juga untuk memohon kepada Tuhan agar di berikan keselamatan dari unsur unsur negatif.

Sejak pagi hari kelompok Barong Ngelawang sudah berkeliling, menarikan barong di depan pintu satu rumah warga ke depan pintu rumah warga lainnya. Suasana menjadi semakin meriah dan ramai ketika warga desa secara bergiliran memberikan bayaran uang atau dalam bahasa balinya di sebut (Ngupah). secara sukarela warga akan memberikan bayaran kepada para penari barong tersebut dan kemudian si penari barong akan menarikan barongya di depan rumah warga yang Ngupah.

Satu kelompok ngelawang biasanya melibatkan 10-15 orang yang terdiri dari penari barong dan penabuh gambelan. 

Ngelawang ini akan berakhir jika hari raya Galungan dan Kuningan sudah selesai, dan uang dari hasil ngelawang barong itu akan di bagi secara merata kepada kelompok ngelawang barong.
Lumayan untuk menambah uang jajan.

Penulis

Written by Admin

halo nama saya ida bagus tresna dwipayana tapi sering di panggil "gusde" saya adalah pemilik artikel |Tanda tangan gusde| disini saya cuman ingin berbagi pengetahuan dengan rekan rekan pengunjung blog saya

0 komentar: