Ogoh Ogoh Di Bali


Ogoh-Ogoh adalah sebuah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian "Bhuta Kala" (raksasa)  dan sudah menjadi  tradisi sangat penting dalam penyambutan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka (hari Pengerupukan). Hari Pengerupukan Ini biasa terjadi pada Bulan maret.

Ogoh-ogoh di buat dari bahan kayu, besi, dan adapun dari sterofoam, semua bahan satu persatu disatukan hingga membentuk sebuah patung yang menyerupai wujud raksasa.

 Fungsi utama ogoh-ogoh adalah sebagai representasi Bhuta Kala yang dibuat menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, dimana ogoh-ogoh tersebut akan diarak beramai-ramai keliling desa pada sore hari sekitar jam 6.

Dengan keberadaan arak-arakan Ogoh-Ogoh yang sudah menjadi tradisi inilah yang menambah daya tarik wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. Karena selain memiliki keindahan tempat-tempat wisata, Balipun memiliki kekayaan budaya yang menjadi andalan kepariwisataan.

 Serasa belum lengkap bilamana wisatawan berkunjung tidak melihat prosesi Ogoh-Ogoh pada penyambutan Hari Raya Nyepi atau Tahun Baru Saka.




Penulis

Written by Admin

halo nama saya ida bagus tresna dwipayana tapi sering di panggil "gusde" saya adalah pemilik artikel |Tanda tangan gusde| disini saya cuman ingin berbagi pengetahuan dengan rekan rekan pengunjung blog saya

0 komentar: